Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

   Menjalankan Ibadah puasa merupakan kewajiban setiap umat muslim, dengan berpuasa di bulan suci ramadhan kita akan banyak mendapatkan pahala dan keberkahan. Menurut pandangan saya puasa bukan hanya menahan haus dan lapar,selain itu kita juga harus menahan hawa nafsu, ucapan dan pandangan kita karena semua itu dapat membatalkan ibadah berpuasa.
   Berbicara tentang puasa rasanya kurang lengkap bila tidak berbagi tips makanan sehat yang wajib dikonsumsi di bulan puasa. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang makanan sehat wajib dikonsumsi saat sahur di bulan puasa, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang makanan sehat wajib dikonsumsi saat berbuka puasa.
   Berbuka puasa yang baik dan menyehatkan itu seperti apa sih? menurut saya adalah berbuka puasa dengan makan secukupnya dan tidak berlebihan serta mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin,serat,mineral serta gizi penting lainnya guna menjaga kesehatan tubuh dan mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Ada yang mengatakan mengkonsumsi minuman dan makanan yang manis memang sangat dianjurkan, tetapi jangan asal manis tentu kita juga perlu memperhatikan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.
   Menurut informasi yang pernah saya baca di situs https://doktersehat.com bahwa pakar kesehatan menyarankan untuk memilih takjil harus sehat seperti jus atau sari buah alami. Sari buah mengandung sedikit serat, karena ini dapat diserap dengan cepat oleh tubuh dan berguna untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Selain takjil, berikut ini beberapa makanan sehat wajib dikonsumsi saat berbuka puasa:

1. Telur

   Telur kaya akan protein tinggi, selain cara penyajiannya yang mudah telur juga termasuk makanan yang mudah di cerna oleh tubuh.

2. Sayuran

   Selama menjalakan ibadah puasa kurang lebih 14 jam lambung kita dalam keadaan kosong dan mengecil, untuk itu mengkonsumsi sayuran sangat di anjurkan karena sayuran banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain itu juga sayuran termasuk makanan yang mudah di cerna sehingga lambung tidak kaget saat mengkonsumsi makanan.

3. Air Putih

   Selama berpuasa kita harus menahan haus selama 14 jam, oleh karena itu tubuh kita akan mengalami dehidrasi dan minum air putih adalah cara tepat mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

4. Sumber Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, contoh makanan yang mengandung karbohidrat yaitu nasi, gandum dan beras merah.

5. Daging

   Mengkonsumsi daging saat berbuka puasa adalah cara tepat, karena daging kaya akan protein yang berguna untuk mengembalikan energi dalam tubuh.
   Demikin beberapa tips makanan sehat wajib dikonsumsi saat berbuka puasa, semoga dapat menjadi pilihan anda ketika berbuka puasa.

Tag : makanan praktis berbuka puasa, cara puasa daud, cara puasa rasulullah, tips memilih makanan sehat berbuka puasa, sarat wajib puasa ramadhan, takjil berbuka puasa, menu sehat berbuka puasa, porsi makanan sehat berbuka puasa, sarat yang membatalkan puasa


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan Sehat Wajib Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel