3 Jenis Makanan Penyebab Gigi Berlubang yang Ada di Sekitar Kita

3 Jenis Makanan Penyebab Gigi Berlubang yang Ada di Sekitar Kita

   Penyakit gigi berlubang pasti akan membuat pemiliknya merasa tidak nyaman. Selain tidak enak dilihat, gigi berlubang juga dapat menimbulkan rasa sakit apabila tidak segera ditangani. Ada banyak sekali penyebab gigi berlubang, salah satunya adalah sering makan jenis makanan penyebab gigi berlubang.
   Rupanya, makanan merupakan salah satu faktor terbesaryang dapat membuat gigi menjadi rapuh, bahkan hingga berlubang. Anda perlu memperhatikan apa saja makanan yang harus dihindari supaya dapat menjaga gigi Anda dari segala macam penyakit. Apa saja jenis makanan penyebab gigi berlubang yang sering kita jumpai?

1. Popcorn

   Popcorn merupakan salah satu jenis makanan penyebab gigi berlubang yang cukup digemari banyak orang. Popcorn mengandung zat yang bernama sodium yang dapat mengurangi kadar air liur yang kita produksi.
   Apabila produksi air liur sudah mulai menurun, tubuh akan mulai kehausan dan popcorn akan masuk ke sela-sela gigi. Hal itu dapat membuka jalan untuk bakteri yang membuat gigi Anda menjadi berlubang.

2. Roti Tawar

   Banyak orang yang tidak menyangka bahwa roti tawar dapat membuat gigi menjadi berlubang. Roti tawar mengandung gula yang dapat masuk ke sela-sela gigi dengan mudahnya. Ketika Anda mengkonsumsi roti tawar, maka gula pada roti akan cepat meleleh.
   Ketika sudah meleleh, maka gula tersebut masuk ke sela-sela gigi dan membuat bakteri penyebab gigi berlubang juga dapat masuk ke dalam gigi. Maka dari itu, setelah makan roti tawar, sebaiknya berkumur dengan air mineral.

3. Permen

   Permen merupakan makanan yang terkenal dapat membuat gigi menjadi rusak. Permen mengandung zat gula yang sangat tinggi. Itulah sebabnya, permen dapat membuat gigi menjadi berlubang. Apabila gula sudah masuk ke dalam gigi, maka dengan mudahnya bakteri akan hinggap pada area gigi.
   Permen dengan kandungan asam juga jauh lebih parah dari permen biasa. Kandungan asam yang cukup tinggi dapat merusak lapisan terluar pada gigi. Apabila sudah terlalu sering mengkonsumsi permen asam, menyikat gigi pun bukan cara yang terbaik untuk menjaga gigi Anda.

   Nah, itulah beberapa jenis makanan penyebab gigi berlubang yang ternyata ada di sekeliling kita. Semoga kita dapat lebih bijak dalam memilih makanan yang akan kita makan demi kesehatan gigi. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Jenis Makanan Penyebab Gigi Berlubang yang Ada di Sekitar Kita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel