3 Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Sering Dijumpai

3 Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Sering Dijumpai

   Batu ginjal merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi manusia. Biasanya, penyebab utama dari penyakit ini yaitu gaya hidup yang kurang sehat. Ada banyak makanan penyebab batu ginjal yang perlu diwaspadai supaya Anda tidak terkena penyakit ini.
   Penyakit batu ginjal dapat terbentuk jika terdapat zat-zat kristal, seperti oksalat, kalsium, dan lain-lain dalam jumlah yang banyak. Hal itu membuat cairan urine tidak dapat melarutkan zat tersebut sehingga kandungan zat tersebut mengendap dan menjadi batu ginjal.
   Anda perlu menjaga pola makan dengan cara menghindari beberapa makanan yang dapat memicu penyakit batu ginjal. Apa saja makanan penyebab batu ginjal yang sering dijumpai?

1. Garam

   Tidak bisa dimungkiri, garam merupakan bumbu dapur yang harus ada dalam setiap masakan. Anda tidak bisa menghindari untuk mengkonsumsi garam. Pada dasarnya, tubuh memerlukan asupan garam yang cukup.
   Namun, mengkonsumsi garam dengan berlebihan dapat memicu penyakit batu ginjal. Garam mengandung zat yang bernama sodium. Apabila kandungan sodium pada tubuh cukup tinggi, maka dapat memicu peningkatan kalsium pada urine.
   Anda tidak perlu takut untuk tetap mengkonsumsi garam. Namun, tetap perhatikan kadar asupan garam pada tubuh Anda. Jangan sampai Anda mengkonsumsi garam lebih dari 2000mg atau sekitar 1 sendok teh setiap harinya.

2. Telur

   Bagi Anda yang sering mengkonsumsi telur, sebaiknya mulai menguranginya. Pasalnya, telur merupakan salah satu makanan yang dapat memicu penyakit batu ginjal. Itu karena telur mengandung protein hewani yang apabila dipecah akan menghasilkan asam urat.
   Kandungan asam urat yang tinggi pada urine dapat memicu pembentukan batu asam urat di dalam ginjal. Apabila tidak memiliki riwayat penyakit, Anda bisa mengkonsumsi telur maksimal 3 butir dalam sehari.

3. Daging

   Daging merupakan makanan yang mengandung banyak zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun, dibalik manfaat yang dimilikinya, ternyata daging juga dapat memicu pembentukan batu ginjal apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.
   Kandungan protein pada daging dapat menyebabkan batu ginjal jika sering dikonsumsi. Banyaknya daging yang aman untuk dikonsumsi setiap harinya yaitu sekitar 50 sampai 100 gram. 

   Nah, itulah beberapa makanan penyebab batu ginjal yang sering kita temukan. Makanan di atas sebenarnya baik untuk tubuh. Namun, jangan mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Sering Dijumpai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel