4 Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

4 Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

   Selain dari makanan dan minuman yang sehat, gizi untuk janin juga bisa didapatkan dari konsumsi buah. Namun tidak boleh sembarangan, ibu hamil harus pintar memilih karena tidak semua buah boleh dikonsumsi. Untuk ibu hamil, semangka bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Buah yang identik dengan warna merah dan kuning ini, cocok karena mengandung khasiat yang banyak. Berikut 4 dari banyaknya khasiat buah semangka untuk ibu hamil tersebut:

1. Ampuh Mengatasi Morning Sickness

   Pada kehamilan awal, umumnya ibu hamil akan mengalami morning sickness (mual dan muntah). Meskipun merupakan hal yang wajar, namun kondisi tersebut tentu akan mengganggu aktivitas. Oleh karena itulah, semangka bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi hal tersebut.
   Selain enak, semangka untuk ibu hamil trimester pertama juga tepat karena bisa dikonsumsi dengan sangat mudah. Yaitu Anda bisa menjadikan semangka menjadi sebuah jus dengan cara memblendernya, atau memakannya secara langsung.

2. Membantu Proses Perkembangan Bayi

   Tidak hanya untuk ibu, jika dikonsumsi, semangka juga akan memberikan manfaat baik untuk buah hati. Benar, semangka yang mengandung potasium, magnesium, dan beberapa vitamin lain seperti A, B6, dan C ini, akan membantu proses perkembangan bayi. Khususnya pada perkembangan syaraf, otak, sistem imun, mata, bahkan pada pembentukan tulang.
   Tidak hanya itu, kandungan potasium yang terkandung pada buah semangka tersebut, juga bisa membantu menyeimbangkan jaringan pada tubuh dan kadar air di dalam darah.

3. Mencegah Resiko Preeklampsia

   Khasiat buah semangka untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mencegah resiko terjadinya preeklampsia. Preeklampsia sendiri adalah gangguan komplikasi kehamilan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan kerusakan organ seperti ginjal. Pada kehamilan, resiko ini tentu sangat berbahaya.
   Oleh karena itulah, mengapa memilih dan mengetahui buah apa saja yang bagus untuk ibu hamil, seperti semangka ini. Salah satu kandungan yang membuat semangka dapat mencegah preeklampsia yaitu likopen.

4. Mengurangi Pembengkakan

   Pembengkakan pada kaki dan tangan atau edma pada masa kehamilan merupakan hal yang biasa. Kondisi ini disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada otot dan pembuluh darah. Nah dalam hal ini, semangka akan sangat cocok membantu mengatasi edma.  Alasannya karena semangka memiliki kandungan air hingga 92 persen sehingga mampu mengurangi pembengkakan tersebut.

   Itulah 4 dari sekian banyak khasiat buah semangka untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Khasiat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel