4 Khasiat Tersembunyi Buah Ciplukan dan Daunnya Bagi Kesehatan

4 Khasiat Tersembunyi Buah Ciplukan dan Daunnya Bagi Kesehatan

   Ciplukan atau Physalin Angulata L merupakan salah satu tumbuhan liar yang memiliki banyak khasiat. Baik untuk penyembuhan penyakit sederhana hingga penyakit cukup serius seperti kanker. Untuk lebih jelasnya, berikut 4 dari 1001 khasiat tersembunyi buah ciplukan dan daunnya bagi kesehatan:

1. Mengobati Kanker

   Khasiat pertama yang cukup mencengangkan dari buah mungil ini yaitu bisa mengobati kanker, tepatnya jenis kanker payudara. Bukan sekedar mitos, namun kandungan sitotoksik yang terdapat pada daun ciplukan dapat membantu mengeduksi sel kanker payudara menjadi mati.
   Untuk pengobatan, Anda bisa membuat daun ciplukan menjadi sebuah ramuan dengan tambahan bahan lain seperti tunas kunyit dan sedikit biji beras. Tumbuk semua bahan dan setelah halus, ramuan bisa diaplikasikan dengan cara dioleskan pada payudara.

2. Mengobati Penyakit Kuning Pada Bayi

   Pada bagian buah, ciplukan memiliki khasiat mengobati penyakit kuning pada bayi. Penyakit kuning sendiri merupakan penyakit yang terjadi karena bayi memiliki zat bilirubin yang tinggi dalam darah. Dalam hal ini, senyawa antioksidan yang terdiri dari flavonoid, saponin, polifenol, dan fisalin yang terkandung dalam buah ciplukan, akan membantu mengatasi masalah tersebut. 
   Adapun caranya, yaitu ambil dan jemur buah ciplukan hingga kering. Selanjutnya campurkan buah ciplukan tersebut ke dalam air mandi bayi.

3. Meningkatkan Sistem Imun

   Khasiat tersembunyi buah ciplukan ketiga yang belum banyak diketahui yaitu bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Adapun sistem imun ini dihasilkan dari kandungan daun dan juga buah ciplukan yaitu vitamin C. Vitamin C yang memiliki sifat antioksidan inilah yang jika dikonsumsi, akan membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang menjadi bagian penting sistem imunitas tubuh.

4. Mengobati Asam Urat

   Tidak sampai disitu, buah ciplukan yang bersifat analgesik dan anti inflamasi juga berkhasiat mengobati asam urat. Sebagai obat alternatif, khasiat buah ciplukan untuk asam urat sendiri terbilang ampuh. Hal itu karena, kedua kandungan tersebut akan memberikan efek menenangkan dan mengurangi peradangan, sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan.
   Adapun untuk pengaplikasian, Anda hanya tinggal menumbuk beberapa daun ciplukan dengan campuran sedikit kapur sirih. Aduk kemudian balurkan pada area yang terkena asam urat.

   Itulah 4 dari 1001 khasiat tersembunyi buah ciplukan dan daunnya bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bisa sedikit menambah wawasan Anda mengenai beberapa khasiat ciplukan yang bisa menjadi obat herbal murah, tanpa efek samping untuk Anda. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Khasiat Tersembunyi Buah Ciplukan dan Daunnya Bagi Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel