4 Tanda-Tanda Wanita Hamil Muda Trimester Pertama

4 Tanda-Tanda Wanita Hamil Muda Trimester Pertama

   Pada masa kehamilan awal, sudah menjadi hal yang umum jika seorang wanita mengalami gejala-gejala seperti mual, muntah, pusing, dan sebagainnya. Gejala dan tanda kehamilan pada setiap wanita memang tidak selalu sama. Ada yang memang mudah diketahui, namun ada pula kehamilan yang sama sekali tidak menimbulkan tanda. Adapun selain gejala mual, dan muntah, berikut 4 tanda-tanda wanita hamil muda yang wajib Anda ketahui:

1. Telat Menstruasi

   Tanda paling umum yang terjadi pada wanita hamil muda yaitu telat menstruasi. Meskipun tidak bisa dijadikan patokan, namun salah satu tanda ini memang benar adanya. Hal itu dikarenakan, pada saat hamil lapisan yang mengandung darah akan secara otomatis dipertahankan oleh tubuh. Sebab nantinya darah tersebut akan digunakan tubuh untuk mendukung pertumbuhan janin.

2. Perubahan Payudara

   Gejala yang juga sering terjadi pada kehamilan muda yaitu perubahan bentuk payudara. Salah satu perubahan yang bisa Anda lihat, tepatnya pada minggu pertama kehamilan yaitu payudara menjadi lebih besar, keras, padat, dan berat. Pada beberapa kasus, bagian puting juga menjadi lebih sensitif dan berubah warna.
   Sebenarnya, tanda-tanda wanita hamil muda pada poin kedua ini sangatlah wajar. Karena hal tersebut terjadi akibat produksi hormon progesteron dan esterogen yang meningkat dalam tubuh. Selain itu, aktivitas hormon Human Placental Lactogen atau HPL yang bertugas untuk menyiapkan produksi ASI juga berpengaruh pada payudara. Yaitu membuat puting menjadi besar dan berwarna gelap.

3. Mudah Lelah Dan Lemas

   Tidak hanya mual-mual, pada trimester awal kehamilan, ibu hamil juga akan merasa lemas dan menjadi mudah lelah. Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena pada saat kehamilan, sistem metabolisme pada tubuh berubah akibat hormon progesteron yang meningkat.
Selain itu, untuk membuat embrio dapat menetap serta melekat pada rahim, tubuh juga melemahkan sistem imunya. Oleh sebab itulah, tidak heran jika ibu hamil menjadi lemas dan mudah lelah.

4. Mengalami Kram Pada Perut

   Proses implantasi embrio pada saat kehamilan awal juga akan menimbulkan gejala seperti kram pada perut. Meskipun tidak selalu, namun umumnya, munculnya tanda-tanda hamil muda pada perut ini, akan diiringi dengan timbulnya flek darah. Namun, flek darah yang timbul ini tidak bisa langsung disimpulkan sebagai tanda kehamilan. Mengingat gejala ini memang hampir mirip dengan awal terjadinya menstruasi. Adapun untuk memastikannya Anda harus memperhatikan hal-hal seperti intensitas dan lokasi rasa kram.

   Itulah 4 tanda-tanda wanita hamil muda yang bisa menjadi panduan awal. Untuk tanda pasti hamil, serta positif tidaknya kehamilan, Anda bisa melakukan tes kehamilan atau berkonsultasi dengan dokter.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tanda-Tanda Wanita Hamil Muda Trimester Pertama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel