Apa Saja Manfaat Keju untuk Ibu Hamil?

Apa Saja Manfaat Keju untuk Ibu Hamil?

   Biasanya, ibu hamil cenderung memiliki banyak pantangan makanan untuk dikonsumsi seperti halnya makanan mentah yang tidak diolah terlebih dahulu. Namun bagaimana dengan keju? Makanan olahan susu ini memiliki cita rasa yang gurih ketika dikonsumsi, sehingga membuatnya cocok untuk disantap begitu saja atau bersama hidangan lainnya. Selama porsi mengonsumsinya tidak berlebihan, justru manfaat keju untuk ibu hamil bisa didapatkan dan baik bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan.
   Sebenarnya, ibu hamil hanya boleh mengonsumsi jenis-jenis keju tertentu saja. Karena tidak semua jenis keju lolos melalui proses pasteurisasi atau sterilisasi bakteri pada suhu 60-70 derajat celcius. Maka dari itu, sebelum mengetahui manfaat keju untuk ibu hamil sebaiknya kenali dulu jenis keju yang aman untuk dikonsumsi. Di antaranya ialah keju cheddar, mozzarella, dan parmesan. Sedangkan keju camembert, feta, dan brie lebih baik dihindari. Jadi apa saja khasiat keju untuk ibu hamil? Simak saja ulasan berikut.

1. Baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin

   Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin A yang terdapat pada keju, sehingga mengonsumsi keju dalam jumlah yang proporsional akan sangat baik bagi perkembangan janin. Selain itu, terdapat pula kandungan lemak yang sudah dimatangkan antara 40-50% dan bermanfaat untuk tumbuh kembang janin.

2. Mendukung pembentukan tulang yang kuat

   Karena keju merupakan produk olahan dari susu, maka otomatis kandungan kalsium, fosfor, dan seng juga ada didalamnya. Buktinya saja terdapat sekitar 200ml kalsium pada satu ons keju. Kalsium sangatlah baik untuk merangsang pembentukan tulang yang kuat. Namun tetap pastikan bahwa mengonsumsinya dalam batas yang wajar.

3. Kesehatan ibu dan janin

   Keju memiliki banyak kandungan vitamin, lemak, mineral, kalsium, serta zat gizi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Dengan menjadikan keju sebagai camilan dalam porsi yang sesuai, maka kesehatan ibu dan janin juga akan semakin bagus.

   Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat keju untuk ibu hamil. Namun sebelum mengonsumsi makanan olahan dari susu ini, pastikan bahwa jenis keju yang dikonsumsi adalah keju yang sudah melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu. Agar tidak ada lagi bakteri jahat yang mengendap, sehingga tumbuh kembang janin juga tidak akan terganggu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Saja Manfaat Keju untuk Ibu Hamil?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel