Deteksi Dini Penyebab Penyakit Pneumonia Sebelum Parah!

Deteksi Dini Penyebab Penyakit Pneumonia Sebelum Parah!

   Di Indonesia, pneumonia atau radang paru-paru biasanya justru lebih sering dikenal dengan paru-paru basah. Dalam hal ini, alveoli selaku kantong udara kecil pada akhir saluran pernapasan dipenuhi cairan atau nanah, sehingga menyebabkan peradangan. Sementara itu, penyebab penyakit pneumonia bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itulah, sangat penting bagi bayi baru lahir untuk diberi vaksinasi terlebih dahulu sebagai langkah pencegahan penyakit yang serius tersebut.
   Adapun gejala penyakit pneumonia pada balita dapat diketahui dari beberapa hal seperti demam, batuk kering atau berdahak yang terdapat lendir, muntah-muntah, kesulitan bernapas, nyeri dada. Selain itu, penyebab penyakit pneumonia pada orang dewasa juga sangat beragam tergantung kebiasaan maupun daya tahan tubuh sang penderita sebelumnya. Berikut ini daftar penyebab dari penyakit paru-paru basah yang sering diabaikan begitu saja.

Penyebab Pneumonia yang Menyerang Paru-paru

1. Adanya bakteri atau virus

   Streptococcus pneumonia adalah bakteri yang seringkali menjadi penyebab adanya pneumonia pada tubuh. Bakteri lain seperti Chlamydophila pneumonia juga turut andil dalam keberadaan penyakit ini. Adapun karena virus, penyakit pneumonia justru menyebar seperti halnya flu atau pilek yang menimbulkan gejala lebih singkat daripada bakteri.

2. Menghirup terlalu banyak jamur

   Dalam hal ini, spora jamur yang dihirup bisa saja berasal dari tanah maupun kotoran burung yang tidak sengaja terhirup. Pneumonia yang disebabkan oleh jamur ini jika terkena oleh orang berpenyakit kronis dan daya tahan tubuh rendah akan lebih rentan untuk terpapar.

3. Pecandu rokok dan alkohol

   Orang yang sering merokok dan minum alkohol bukan malah menyehatkan dirinya, tapi justru memperparah kondisi kesehatannya. Perokok berat bahkan bisa mengalami iritasi pada saluran pernapasannya. Selain itu, alkohol akan melemahkan daya tahan tubuh karena menyerang sel-sel darah putih dalam melawan infeksi.

4. Udara tercampur zat kimia

   Bagi para petani, mungkin melakukan penyemprotan dengan bahan-bahan kimia pada tanaman bagus untuk menghasilkan panen yang berhasil. Namun, udara yang telah tercampur zat-zat kimia tersebut justru akan berdampak buruk jika terhirup.

   Jika kita telah mengetahui penyebab penyakit pneumonia dengan baik, maka langkah selanjutnya ialah melakukan pencegahan kepada orang-orang yang belum terpapar. Namun demikian, orang-orang yang sudah lebih dulu terpapar pneumonia juga harus menempuh pengobatan agar segera sembuh seperti sediakala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Deteksi Dini Penyebab Penyakit Pneumonia Sebelum Parah!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel