3 Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Bipolar



   Gangguan bipolar merupakan suatu keadaan mental yang mengakibatkan terjadinya perubahan mood secara ekstrem. Penderita gangguan ini tetap mengalami keadaan mood yang normal. Ketika penderitanya merasa sedih, ia menjadi kehilangan harapan dan akan merasa tertekan. Ketika merasa senang, penderita gangguan ini akan merasa sangat bersemangat serta penuh gairah. Apa saja penyebab dari gangguan bipolar dan bagaimana cara mengobati penyakit bipolar? Untuk mengetahuinya, simak uraian berikut.

Penyebab Gangguan Bipolar

   Ada beberapa penyebab gangguan bipolar yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Kondisi Otak

   Otak bisa melewati berbagai macam perubahan fisik yang memengaruhi tingkat neurotransmitter atau bahan kimia otak yang terdapat di dalamnya. Transmiter ini merupakan zat-zat yang berpengaruh terhadap keadaan mood.

2. Pengaruh Lingkungan Sosial

   Penyebab berikutnya yang menimbulkan penyakit bipolar yaitu pengaruh lingkungan sosial. Misalnya seperti perasaan stress karena adanya kejadian trauma di masa kecil, mengalami suatu kehilangan yang tragis atau rendahnya kepercayaan diri.

3. Turunan Genetik

   Penyakit bipolar bisa terjadi karena turunan genetik yang diwariskan oleh orang tua maupun anggota keluarga lainnya.

Cara Mengobati Gangguan Bipolar

   Ada beberapa cara mengobati penyakit bipolar yang bisa Anda coba terapkan, diantaranya yaitu:

1. Terapi Obat

   Cara yang pertama yaitu dengan terapi obat. Dokter akan memberikan suatu resep untuk menstabilkan mood Anda. Biasanya obat-obatan yang disarankan tersebut terdiri dari penstabil mood, antidepresan, obat anti stress serta antipsikotik.

2. Perawatan Penyalahgunaan Zat Tertentu

   Lakukan penanggulangan jika Anda menderita ketergantungan pada zat jenis tertentu. Hal ini karena keadaan tersebut bisa mempersulit Anda dalam meringankan keadaan yang sedang Anda alami.

3. Perawatan Rumah Sakit

   Anda harus melakukan perawatan di rumah sakit jika kasusnya sudah parah untuk pengawasan secara berkala. Apalagi jika Anda sampai ingin melakukan bunuh diri. Pada keadaan ini Anda bisa saja melukai orang lain bahkan melukai diri Anda sendiri.

   Sedikit uraian penyebab dan cara mengobati penyakit bipolar yang bisa Anda coba terapkan. Anda harus segera mengobatinya, jangan biarkan penyakit bipolar semakin parah.

0 Response to "3 Penyebab Dan Cara Mengobati Penyakit Bipolar"