4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut pada Bayi di Rumah

4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut pada Bayi di Rumah

   Tidak hanya demam, sakit perut merupakan salah satu kondisi yang juga sering terjadi pada bayi. Ada banyak penyebab. Yang paling umum kondisi ini terjadi karena masalah sistem pencernaan, kolik, atau intususepsi. Sebagai orang tua, kondisi ini tentu membuat Anda khawatir. Oleh karenanya, untuk mengatasinya, ketahui cara ampuh mengatasi sakit perut pada bayi berikut:

Mengompres Perut Bayi dengan Air Hangat

   Cara pertama ini memang telah begitu familiar. Baik untuk mengatasi demam, atau untuk mengatasi masalah bayi lain seperti sakit perut ini. Namun jangan salah, cara ini terbilang efektif untuk menagani kedua masalah bayi tersebut.
   Adapun seperti halnya pengompresan ketika bayi demam, pengompresan sakit perut juga dilakukan dengan bantuan kain atau handuk lembut yang dicelupkan pada air hangat. Yang membedakan, pengompresan demam diletakkan pada area dahi. Sedangkan pengompresan sakit perut diletakkan pada area perut.

Pijat Bayi Secara Perlahan

   Selain karena kolik, penyebab bayi sakit perut juga bisa terjadi karena sistem pencernaan yang terganggu sehingga bayi mengalami perut kembung. Nah, dalam hal ini pemijatan bayi dimaksudkan untuk membantu meredakan serta menghilangkan sakit dan rasa kejang pada perut bayi tersebut.
   Namun tidak boleh sembarangan, pemijatan harus dilakukan dengan gerakan yang benar. Yaitu dengan cara memijat bayi dengan gerakan memutar, searah jarum jam dengan bantuan minyak bayi seperti baby oil, minyak telon, atau minyak kayu putih.

Gerakan Kaki dengan Teknik Mengayuh

   Untuk mengatasi sakit perut pada bayi, gerakan kaki seperti mengayuh bisa Anda lakukan. Seperti halnya pemijatan, gerakan ini juga dimaksudkan untuk menghilangkan rasa sakit serta membantu mengeluarkan gas yang terperangkap dalam sistem pencernaan bayi.
   Untuk caranya sangat mudah. Letakkan bayi dengan posisi telentang. Selanjutnya, angkat kaki bayi kemudian gerakkan perlahan seperti ketika sedang menggayuh sepedah. Untuk hasil yang maksimal, lakukan gerakan ini selama beberapa menit.

Beri Kehangatan dengan Cara Menimang

   Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit perut pada bayi yaitu, beri kehangatan dengan cara menimang bayi. Dalam hal ini, kehangatan sangat penting. Karena disadari atau tidak, rasa hangat ini akan membuat tubuh bayi tenang sehingga ketegangan dan juga kram pada perut bayi bisa hilang. Untuk melakukannya, pertama berikan selimut pada bayi, peluk atau gedong bayi, kemudian timang.

   Itulah 4 cara ampuh mengatasi sakit perut pada bayi di rumah. Selain dengan cara di atas, Agar lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti teh chamomile, atau yoghurt.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut pada Bayi di Rumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel