4 Faktor Risiko Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

4 Faktor Risiko Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya

   Seseorang yang mempunyai faktor risiko penyakit ginjal, artinya lebih berpotensi mengalami penyakit atau gangguan ginjal. Berpotensi artinya bukan berarti pasti akan mengalaminya. Jadi, faktor risiko bisa diminimalkan dengan cara-cara tertentu.
   Ada beberapa faktor risiko gangguan ginjal yang tidak bisa dihindari seperti riwayat penyakit keluarga atau usia. Akan tetapi, ada pula faktor risiko yang bisa dikontrol sehingga penyakit ini bisa dicegah.

Tips Mengontrol Faktor Risiko Penyakit Ginjal

Sering mengonsumsi obat tertentu

   Penggunaan obat yang berlebihan memang sering dikaitkan dengan gangguan ginjal seperti gagal ginjal. Adapun obat-obatan yang dianggap berbahaya untuk ginjal bila dikonsumsi secara berlebihan adalah Ibuprofen, Naproxen dan Acetaminophen.
   Untuk mencegah penyakit ginjal akibat faktor risiko ini, pastikan Anda mengonsumsi obat dalam pantauan dokter. Apabila perlu obat jenis baru, konsultasikan dulu pada dokter.

Terjadinya penyumbatan

   Salah satu penyebab kerusakan pada ginjal adalah menumpuknya urine di ginjal, baik di salah satu atau keduanya. Ini bisa terjadi karena penyumbatan, misal karena ada bekas luka, bekuan darah, batu ginjal, atau cacat bawaan lahir.
   Solusinya adalah dengan mengobati penyumbatan tersebut. Apabila Anda merasa mengalami ciri-ciri penyakit ginjal, coba tanyakan pada dokter. Barangkali Anda mengalami penyumbatan pada saluran urine dari ginjal.

Penggunaan narkotika

   Bahaya penggunaan narkotika bagi tubuh memang sangat menyeluruh, dari atas sampai bawah. Kerusakan yang disebabkan sangatlah luas, termasuk pada ginjal. Orang-orang yang menggunakan obat terlarang berpotensi mengalami gagal ginjal. Adapun jenis obatnya antara lain kokain, heroin, ketamine, methamphetamines, dll.
   Yang bisa Anda lakukan tentu dengan menjauhi narkotika. Apabila sebelumnya Anda pernah menggunakannya, periksakan kesehatan Anda secara menyeluruh. Dengan begitu Anda bisa mencegah terjadinya penyakit kronis jika terdeteksi sejak awal.

Pewarna pada tes rontgen

   Ketika Anda tes rontgen, biasanya akan digunakan pewarna agar jaringan lunak muncul. Pewarna ini juga digunakan pada saat CT scan atau MRI. Namun tahukah Anda bahwa ternyata pewarna ini bisa berpotensi buruk untuk ginjal?
   Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang mendukung potensi tersebut. Pewarna pada tes rontgen akan berbahaya jika Anda sudah mengalami kerusakan ginjal, gagal jantung, diabetes, dehidrasi, tekanan darah rendah, atau berusia di atas 75 tahun.
   Dalam sebuah penelitian, ada antioksidan yang ternyata bisa menjaga kerusakan ginjal akibat zat kontras, yaitu n-acetylcysteine. Hal ini perlu dibicarakan lebih lanjut dengan dokter sebelum Anda melakukan tes rontgen. Namun jika melihat beberapa faktor risiko di atas, ada faktor yang datang dari luar. Jadi, biasakan pola hidup sehat agar tidak berpotensi terkena penyakit ginjal kronis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Faktor Risiko Penyakit Ginjal dan Cara Mencegahnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel