4 Langkah Tepat Penanganan Hipotermia pada Bayi

4 Langkah Tepat Penanganan Hipotermia pada Bayi

   Meskipun belum banyak diketahui, hipotermia termasuk salah satu penyakit berbahaya bagi bayi.  Itulah mengapa penyakit yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan di bawah satu tahun ini harus segera ditangani. Jika tidak, penyakit yang menyebabkan tubuh bayi kehilangan suhu panas secara cepat ini, dapat mengakibatkan efek buruk seperti gagal fungsi organ. Untuk mengatasinya, ketahui 4 langkah penanganan hipotermia pada bayi berikut!

1. Pindahkan Bayi ke Tempat Kering dan Hangat

   Langkah pertama yang harus dilakukan saat bayi mengalami hipotermia yaitu pindahkan bayi ke tempat kering dan hangat. Seperti yang diketahui, penurunan suhu panas pada tubuh bayi tentu akan membuatnya merasa kedinginan dan menggigil. Oleh karena itulah, jika memang bayi berada di tempat terbuka. Sebisa mungkin pindahkan bayi menuju tempat yang hangat.
   Misalnya, untuk kondisi darurat seperti saat Anda berada di rumah, Anda bisa membuat inkubator dari tempat tidur bayi. Caranya, Anda bisa memasang lampu 60 watt pada tempat tidur bayi. Agar aman, pasang lampu dengan jarak kira-kira 1,5 meter dari tubuh bayi. Meskipun tidak seefektif inkubator, namun untuk keadaan darurat cara ini bisa sangat membantu Anda.

2. Beri Pakaian Hangat untuk Bayi

   Untuk memberikan kehangatan yang lebih maksimal, berikan juga pakaian hangat untuk bayi. Dalam hal ini, Anda bisa memakaikan jaket bayi, selimut tebal, atau memakaikannya kedong untuk bayi yang baru lahir. Jika memang dibutuhkan, Anda juga bisa mengembalikan suhu tubuh normal bayi dengan cara menerapkan metode kantung kangguru atau kangaroo mothercare.
   Caranya, pertama kenakanlah pakaian yang longgar, pakaian yang memungkinkan bayi dan gendongan bisa masuk. Selanjutnya gendong bayi dan dekat dalam pakaian longgar tersebut hingga suhu panas tubuh bayi kembali.

3. Berikan ASI pada Bayi Sesering Mungkin

   Jika cara mengatasi hipotermia pada orang dewasa bisa dilakukan dengan memberikan minuman yang hangat, untuk penanganan hipotermia pada bayi, Anda bisa memberikannya ASI. Selain sebagai asupan makanan dan minuman untuk bayi. Lebih dari itu, ASI diberikan dengan tujuan agar gula darah serta asam basa darah pada tubuh bayi bisa kembali stabil.

4. Konsultasikan Pada Dokter

   Untuk menghindari resiko hipotermi pada bayi terjadi lebih parah, setelah melakukan 3 langkah di atas segera ambil tindakan medis. Tindakan medis ini bisa Anda lakukan dengan cara membawa bayi berkonsultasi dengan dokter. Selain tepat, cara ini akan jauh lebih efektif. Karena nantinya bayi akan mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

   Itulah 4 langkah tepat penanganan hipotermia pada bayi yang bisa Anda lakukan. Semoga cara di atas bisa membantu Anda, jika sewaktu-waktu bayi mengalami kondisi tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Langkah Tepat Penanganan Hipotermia pada Bayi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel