5 Tanda-tanda Terkena Penyakit DBD yang Harus Diwaspadai


   Penyakit DBD atau demam dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue, dimana penderitanya akan mengalami demam, nyeri sendi, bahkan pendarahan. Seperti halnya penyakit lain, DBD  juga memiliki tanda-tanda yang bisa diketahui penderita. Biasanya untuk awal, penderita akan mengalami pendarahan sekitar 2 hingga 7 hari. Tidak hanya itu, ada tanda-tanda terkena penyakit DBD lain, diantaranya:

1. Nafsu Makan Menurun

   Hilangnya nafsu makan merupakan gejala dbd ringan yang bisa diidentifikasi pertama kali. Pada umumnya, gejala ini akan diikuti gejala lain, seperti nyeri otot serta gangguan pada pencernaan. oleh karena itu, biasanya pada fase demam berdarah pertama ini, penderita akan mengalami kelelahan. Hal itu karena asupan makanan yang masuk pada tubuh berkurangan. Sehingga tubuh tidak bisa memenuhi kebutuhan dengan semestinya.

2. Mengalami Demam Tinggi

   Gejala paling umum dan sering diketahui penderita yaitu demam tinggi. Berbeda dengan demam biasa, umumnya demam yang disebabkan karena DBD akan terjadi secara mendadak. Tidak hanya itu, hal lain yang bisa menjadi acuan yaitu demam DBD biasanya sangat tinggi, bahkan mencapai 40 derajat Celcius.
   Pada beberapa kasus, DBD juga menimbulkan gejala seperti batuk dan bersin yang terjadi karena infeksi virus. Untuk gejala awal, umumnya demam akan terjadi selama 2 hingga 7 hari.

3. Sakit Kepala dan Nyeri pada Bagian Belakang Mata

   Setelah demam, tanda-tanda terkena penyakit DBD selanjutnya yaitu penderita mengalami sakit kepala dan nyeri pada bagian belakang mata. Sebenarnya gejala ini memang tidak selalu terjadi. Karena terkadang untuk beberapa kasus, penderita mengalami sakit kepala dan nyeri pada area sekitar dahi saja.

4. Mual dan Muntah

   Seperti halnya demam biasa, penderita DBD juga akan mengalami demam dan sakit kepala yang disertai dengan mual dan muntah. Salah satu hal inilah yang akhirnya menyebabkan penderita mengalami rasa tidak nyaman dibagian perut dan juga punggung. Untuk gejala keempat ini, umumnya akan terjadi sekitar 2 hingga 4 hari.

5. Mengalami Nyeri Otot dan Persendian

   Nyeri otot dan persendian merupakan tanda penyakit DBD selanjutnya yang wajib diwaspadai. Hal itu karena bukan hanya menimbulkan nyeri saja, namun penderita juga akan mengalami rasa tidak nyaman, menggigil, dan berkeringat.

   Itulah 5 tanda-tanda terkena penyakit DBD yang harus diketahui. Semoga informasi mengenai beberapa tanda di atas, bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi penyakit DBD sebelum semakin parah.

0 Response to "5 Tanda-tanda Terkena Penyakit DBD yang Harus Diwaspadai"