Alasan Bayi Sering Gumoh, Apakah Normal? Berikut Penyebabnya

Alasan Bayi Sering Gumoh, Apakah Normal? Berikut Penyebabnya

   Beberapa orang tua baru mungkin akan merasa cemas ketika bayinya gumoh. Tenang saja, ini lumrah terjadi terutama bagi bayi yang masih belum berusia 1 tahun. Ada berbagai alasan bayi sering gumoh yang biasanya tidak berbahaya. Namun demikian ada juga kondisi yang mengharuskan orang tua waspada.
   Setiap bayi memiliki frekuensi gumoh yang berbeda-beda. Penyebab bayi gumoh antara satu dan yang lain pun tidak sama. Jadi, Anda tidak perlu membandingkan kondisi si kecil dengan anak-anak lainnya.
   Meski gumoh adalah kondisi yang wajar terjadi pada bayi, namun Anda harus tetap mengetahui apa penyebabnya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan tindakan agar bayi merasa tenang lagi. Apa saja yang bisa menjadi penyebab gumoh pada bayi?

Alasan Bayi Sering Gumoh

   Anda harus tahu bahwa gumoh dan muntah itu berbeda. Penjelasan singkatnya adalah gumoh cenderung lebih ringan ketimbang muntah. Bayi bisa mengeluarkan apapun yang ia telan ketika gumoh, seperti susu atau makanan. Ini adalah reaksi alami, tetapi ketahui beberapa alasan bayi gumoh berikut ini.

1. Kekenyangan

   Kekenyangan bisa membuat bayi gumoh, karena lambungnya belum mampu menerima terlalu banyak makanan. Anda harus tahu bahwa tiap 1 kilogram berat tubuhnya hanya bisa menerima 1 ons makanan saja. Jadi coba perkirakan berapa ons yang kiranya harus dikonsumsi si kecil setiap kali makan.

2. Alergi

   Bagi Anda yang sudah mulai memberikan susu formula kepada anak, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi gumoh. Sebab, dia mungkin alergi atau tubuhnya intoleran terhadap susu yang masuk ke tubuhnya. Selain susu formula, bayi biasanya juga bisa alergi terhadap susu sapi.

3. ASI

   Apabila bayi hanya mengonsumsi ASI, ada kemungkinan kandungannya memengaruhi kondisi tubuh si bayi. Coba ingat-ingat makanan atau minuman apa saja yang belakangan sering Anda konsumsi.
   Terlalu banyak minum kopi atau teh bisa membuat ASI mengandung kafein berlebih. Akhirnya ketika diminum bayi, dia bisa gumoh.

Apakah gumoh pada bayi normal?

   Seperti yang sudah disampaikan di awal tadi, gumoh adalah kondisi yang normal. Hanya saja, Anda harus waspada apabila bayi volume gumohnya terlalu banyak. Dalam kasus ini sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter.
   Gumoh juga hanya akan terjadi selama enam bulan pertama saja. Setelahnya, bayi akan mulai terbiasa dan jarang gumoh. Kurang lebih seperti itulah penjelasan tentang alasan bayi sering gumoh. Ternyata itu normal dan tidak berbahaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Bayi Sering Gumoh, Apakah Normal? Berikut Penyebabnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel