Apa Itu Introvert? Pahami Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Apa Itu Introvert Pahami Ciri-Ciri dan Penyebabnya

   Beberapa orang terkadang bingung ketika berhadapan dengan seseorang yang introvert. Bahkan mungkin mereka belum paham apa itu introvert dan apa bedanya dengan ekstrovert.
   Seseorang bisa dikatakan introvert apabila dia cenderung suka menyendiri. Mereka yang introvert biasanya mengeluarkan energi yang lebih banyak ketika harus berinteraksi dengan lingkungannya. Padahal, bagi sebagian orang itu adalah hal yang normal.
   Akan tetapi, jangan salahartikan introvert sebagai sifat pemalu atau penyendiri. Sebab orang-orang introvert tidak selamanya akan menutup diri terhadap hal-hal baru dari dunia luar.
   Kepribadian introvert ini bisa disebabkan oleh sesuatu hal di masa lalu. Bisa karena pengalaman buruk atau memang dia dibentuk oleh lingkungannya menjadi pribadi yang demikian.

Ciri-Ciri Orang Berkepribadian Introvert

   Sebelum membahas tentang apa penyebab introvert, mari pahami dulu apa saja ciri-ciri orang yang introvert berikut ini.

  • Biasanya lebih cenderung menyimpan perasaannya sendiri terhadap berbagai hal.
  • Akan menjadi pendiam ketika berkumpul dengan orang-orang yang bukan kerabat dekatnya.
  • Berpikir dulu sebelum melakukan suatu tindakan.
  • Mampu mengamati dan mempelajari dengan baik situasi di sekitarnya.
  • Akan terlihat lebih terbuka ketika dia bersama dengan orang-orang terdekat.
  • Pada situasi tertentu sering bicara dengan diri sendiri.

Penyebab Orang Menjadi Introvert

   Seseorang yang introvert, di masa lalunya hampir pasti punya pengalaman tertentu. Misalnya pernah menjadi korban bullying atau mendapat tekanan dari lingkungan sekitar.

1. Bullying

   Anak-anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih pendiam dan cenderung enggan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Mungkin itu karena dia pernah dan sering mengalami bully.
Ini akan mengubah kepribadiannya yang semula ceria menjadi suka murung dan kurang percaya diri.     Korban bully akan menyimpan banyak luka batinnya sendiri sehingga terbawa ketika ia tumbuh dewasa.

2. Tekanan dari lingkungan

   Tekanan dari lingkungan sekitar juga bisa mengubah pandangan seseorang terhadap dunia. Misal awalnya dia adalah anak yang sangat friendly terhadap orang, namun sifatnya itu justru ditolak atau tidak disukai lingkungannya.
   Apabila anak tersebut sensitif, kondisi tersebut akan mengubah pribadinya. Bahkan orang yang ekstrovert bisa menjadi introvert.

   Apakah Anda sudah paham tentang apa itu introvert dan mengapa seseorang bisa jadi seperti itu? Jika paham, maka jangan lagi berpandangan buruk terhadap mereka yang memang berkepribadian introvert. Mungkin ada cerita yang tidak Anda tahu di masa lalu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Introvert? Pahami Ciri-Ciri dan Penyebabnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel