Bahaya Makanan Berlemak Untuk Kesehatan

Bahaya Makanan Berlemak Untuk Kesehatan

   Makanan berlemak memang mengundang selera. Apalagi jika tampilannya dibuat sedemikian rupa dengan berbagai macam warna dan rasa. Padahal, bahaya makanan berlemak sangat banyak.
   Tidak dimungkiri, setiap rasa dari makanan berlemak sangat nikmat di lidah. Maka dari itu, banyak sekali orang yang menyukainya. Apalagi yang bernama gorengan. Setiap begadang, makanan semacam ini tidak pernah ditinggalkan.

Bahaya Makanan Berlemak

   Dampak buruk makanan berminyak tidak boleh disepelekan. Tidak hanya bisa menimbulkan jerawat, makanan semacam ini juga memicu munculnya penyakit berbahaya seperti kanker. Berikut bahaya makanan berlemak yang lebih lengkap, yaitu:

1. Gangguan Sistem Pencernaan

   Bahaya yang pertama adalah menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan, lemak adalah zat yang sulit dicerna. Sehingga metabolisme cerna harus bekerja ekstra keras untuk melumat makanan ini.
   Kondisi ini tidak hanya membuat organ pencernaan seperti lambung mengalami radang. Tetapi, usus juga bisa terganggu yang berujung pada penyakit diare kronis.

2. Merusak Bakteri Baik Penjaga Imun

   Di dalam tubuh manusia, tidak hanya terdapat bakteri jahat tetapi juga bakteri baik. Perannya adalah sebagai pembentuk sel di dalam sistem imunitas.
   Jika Anda mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, bakteri jahat berkembang biak dengan pesat sehingga, kadar bakteri baik menjadi berkurang karena banyak yang mati. Efeknya adalah penyakit auto imun seperti hiv akan mudah menyerang.

3. Memicu Munculnya Jerawat

   Bahaya makanan berlemak selanjutnya adalah memicu munculnya jerawat. Alasan pertama adalah karena jerawat disebabkan oleh abnormalitas hormonal dikarenakan berkurangnya bakteri baik di dalam kelenjar.
   Sedangkan alasan yang kedua adalah jerawat muncul karena kadar minyak di wajah berlebihan. Tidak dipungkiri, kasus ini disebabkan oleh kesukaan Anda mengkonsumsi makanan berlemak.

4. Meningkatkan Risiko Obesitas

   Menurut medis, semakin tinggi kadar lemak, semakin besar pula kadar kalori. Bahkan, satu sendok kecil lemak dari makanan gorengan, jumlah kalorinya mencapai 45 kkl.
   Tentu, jika Anda terbiasa mengkonsumsi makanan yang digoreng, jumlah kalori tubuh akan meningkat. Risikonya ialah, berat badan tidak bisa dikendalikan alias obesitas.

   Sekarang Anda sudah tahu bahaya makanan berlemak. Maka dari itu, jauhilah atau konsumsi seminim mungkin. Karena mahalnya pengobatan dan rasa sakit, tidak sebanding dengan rasa nikmat dari makanan tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bahaya Makanan Berlemak Untuk Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel