Cara Mengobati Kanker Otak Menurut Medis

Cara Mengobati Kanker Otak Menurut Medis

   Kanker otak adalah penyakit yang terjadi akibat adanya tumor ganas di dalam otak. Menurut medis, kanker otak terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe primer dan sekunder. Dua buah penyakit yang harus diobati dengan cara mengobati kanker otak.
   Penyebab kanker otak primer adalah rusaknya organ otak itu sendiri. Biasanya, gangguan ini menyerang orang lintas usia dan jenis kelamin. Sedangkan kanker otak sekunder adalah kanker akibat komplikasi dari penyakit di organ lain. Sedangkan pasiennya lebih banyak remaja dan manula.
Pengobatan Kanker Otak
   Penyakit kanker otak harus diobati karena bisa menurunkan konsentrasi. Selain itu, untuk tahap kronis, kanker otak bisa menimbulkan kematian. Berikut ini beberapa cara mengobati kanker otak stadium awal menurut medis, yaitu:

1. Operasi

   Cara mengobati kanker otak yang pertama adalah dilakukan tindakan operasi. Operasi yang dimaksud adalah melakukan tindakan pembedahan otak untuk membuang tumor yang ada di dalamnya. Biasanya operasi ini dilakukan, jika cara lain tidak lagi memadai.

2. Kemoterapi

   Kemoterapi adalah menyembuhkan kanker otak dengan obat-obat tertentu. Biasanya, tata laksana medis ini dilakukan pasca operasi dengan tujuan pencegahan terhadap penyebaran kanker lanjutan.
Berbagai macam obat yang digunakan dalam kemoterapi seperti, temozolomide, vincristine dan cisplatin. Sedangkan cyclophosphamide diberikan kepada pasien anak-anak.
   Teknik kemoterapi yang sering dilakukan adalah konsumsi obat secara langsung. Namun, untuk kasus lain, perawatan terkadang dilakukan dengan cara memberikan suntikan obat pada pembuluh vena.
   Sekalipun menjadi rujukan banyak dokter, ternyata kemoterapi juga memiliki efek samping. Seperti gangguan kulit sensitif hingga masalah pencernaan. Sedangkan stomatitis atau sariawan merupakan dampak obat yang paling sering terjadi.

3. Radioterapi

   Radioterapi adalah teknik atau cara mengobati kanker otak dengan menggunakan sinar laser. Energi panas ini dilesatkan ke otak yang mengalami gangguan sel cancer.
   Cara ini dilakukan, jika tindakan operasi tak berpengaruh sama sekali. Selain untuk memutus penyebaran sel, perawatan ini dilakukan juga untuk mencegah kanker muncul kembali.

4. Fisioterapi

   Cara mengobati kanker otak yang terakhir adalah menggunakan fisioterapi. Dasar pengobatan ini adalah argumen kalau dampak kanker otak bisa menyebabkan komplikasi jaringan. Sehingga penderitanya bisa mengalami gangguan konsentrasi hingga daya ingat.

   Demikianlah beberapa cara mengobati kanker otak yang sering dilakukan oleh dokter. Sebuah tindakan perawatan penyakit, supaya pasien bisa hidup lebih lama. Walaupun begitu, tindakan pencegahan masih lebih baik dibandingkan pengobatan. Apa lagi status kesembuhan pasca diobati tidak 100%.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Kanker Otak Menurut Medis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel