Ibu Hamil Harus Tahu ! Beragam Pantangan yang Wajib Dihindari

Ibu Hamil Harus Tahu ! Beragam Pantangan yang Wajib Dihindari

   Memastikan janin dan ibu dalam kondisi sehat selama masa kehamilan memang menjadi tantangan tersendiri. Ini utamanya untuk para ibu hamil di trimester pertama yang masih rentan dan memiliki banyak risiko. Beberapa ulasan singkat seputar pantangan untuk ibu hamil akan di ulas lebih lanjut di bawah ini.

Ibu Hamil Wajib Hindari Pantangan-pantangan Ini

   Ada beberapa hal yang baiknya dihindari ibu hamil. Hal ini untuk menjaga kesehatan sang ibu dan juga janin yang dikandungnya. Risiko kehamilan sebenarnya dapat berbeda untuk tiap pihak, namun tak ada salahnya berjaga-jaga dengan pantangan-pantangan umum seperti di bawah ini.

1. Melakukan Rontgen

Rontgen memanfaatkan radiasi untuk memperoleh gambar tubuh bagian dalam pada seseorang. Hal ini lebih lanjut digunakan sebagai langkah awal melihat potensi penyakit yang ada dalam tubuh pasien. Ibu hamil sebaiknya menghindari melakukan rontgen.
   Pada saat melakukan rontgen tubuh akan terpapar radiasi. Setiap radiasi memiliki potensi untuk membuat perkembangan sel-sel tubuh menjadi kacau. Bukan tidak mungkin adanya mutasi sel sehingga menyebabkan kanker. Hal tersebut utamanya dapat berpengaruh pada janin yang sedang dalam masa perkembangan.

2. Mengkonsumsi Daging Mentah

   Aktivitas yang perlu dihindari saat hamil selanjutnya adalah mengkonsumsi daging mentah. Ada banyak orang yang menyukai daging yang dimasak sedikit kurang matang. Hal ini umum untuk banyak pihak utamanya ketika berhubungan dengan dunia steak. Namun, ketika sedang dalam masa kehamilan sebaiknya hindari mengkonsumsi daging atau bahkan telur yang kurang matang.
   Pasalnya risiko penyakit serius mengancam ketika kebiasaan ini dilanjutkan. Ada potensi hadirnya toksoplasmosis sampai dengan listeriosis ketika mengkonsumsi daging atau telur yang kurang matang. Ini dapat memicu cacat lahir hingga risiko keguguran pada ibu hamil.

3. Merokok

   Bagi perokok aktif sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan merokok ketika akan melakukan program kehamilan. Pasalnya ketika hamil, merokok menjadi suatu pantangan yang harus dihindari.       Rokok membuat janin mendapat asupan darah yang lebih sedikit. Lebih lanjut ketika dibiarkan dapat membuat berat badan bayi ketika dilahirkan nantinya menjadi lebih rendah.

   Menjaga kondisi ibu dan janin dalam masa kehamilan merupakan tantangan tersendiri. Beberapa pantangan untuk ibu hamil seperti yang disebutkan di atas dapat menjadi pedoman bagi yang ingin memastikan agar janin dan ibu tetap sehat sampai selesai masa kehamilan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ibu Hamil Harus Tahu ! Beragam Pantangan yang Wajib Dihindari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel