Segudang Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

   Pare adalah tumbuhan yang sangat dibenci oleh masyarakat. Pasalnya, tanaman ini memiliki rasa yang pahit sehingga kurang lezat saat dimakan. Padahal manfaat pare untuk kesehatan sangat banyak.
   Pare merupakan tanaman spesies mentimun yang mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan, hampir semua daerah di NKRI membudidayakan tanaman ini dengan nama-nama yang berbeda. Di Jawa disebut Paria, di Sumatera disebut pepare.

Manfaat Pare bagi Kesehatan

   Nah, pasca dilakukan penelitian botani dan medis, ditemukan fakta kalau buah pare mengandung fitonutrien yang sehat. Maka dari itu, tanaman ini bagus untuk dikonsumsi. Berikut ini, manfaat pare untuk kesehatan, yaitu:

1. Mengobati Diabetes

   Manfaat pare untuk kesehatan yang pertama adalah mengobati diabetes. Hal ini dikarenakan pare mengandung dua zat penyeimbang glukosa yaitu Phytonutrient dan Polipeptida-P. Selain itu, jika darinya sudah terbentuk charantin, kadar gula dalam darah bisa diturunkan.

2. Melindungi Kehamilan

   Buah pare ternyata mengandung asam folat dengan jumlah ideal yaitu 80 gram. Sebuah ukuran yang bagus jika ada pada nutrisi ibu hamil. Terutama ketika usia kandungan masih muda.
Menurut riset medis, asam folat bagus untuk mencegah bayi mengalami cacat. Terutama mencegah terjadinya abnormalitas syaraf bayi.

3. Sebagai Anti-Oksidan

   Kalori yang rendah, hanya seukuran 17 gram saja, membuat pare bisa dijadikan sebagai antioksidan tubuh. Sehingga berbagai macam gangguan auto imun bisa diatasi sejak dini.

4. Mengurangi Sembelit

   Pare memang tidak memiliki zat khusus untuk mengatasi sembelit. Berbeda dengan daun jambu biji dan kulit sirsak. Namun, jika Anda mengkonsumsi buah ini, gerak peristaltik tubuh semakin kuat. Sehingga pembakaran lebih maksimal. Hal inilah yang membantu menyehatkan saluran pencernaan terutama usus.

5. Mencegah Penyakit Jantung

   Manfaat pare untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah penyakit jantung. Pasalnya, zat yang dikandung buah pare bisa melancarkan sirkulasi darah serta mencegah detok menyumbat arteri. Sehingga pasokan darah ke jantung tetap maksimal.
   Selain itu, buah pare bisa menurunkan kolesterol serta mencegah terjadinya perlemakan pada hati. Buah ini pula yang bisa mengurangi kadar glukosa dalam tubuh.

   Itulah manfaat pare untuk kesehatan. Silakan dikonsumsi sekalipun rasa pahitnya cukup pekat. Karena tubuh sehat lebih penting daripada ketaknyamanan rasa di lidah. Namun, jika Anda tahu cara mengolah pare yang benar, rasa pahitnya pasti berkurang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Segudang Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel