3 Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

3 Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

   Bahaya merokok bagi ibu hamil bisa dibilang memang jauh lebih besar. Karena bukan hanya untuk ibu hamil itu sendiri, bahaya tersebut nantinya juga akan berimbas pada kondisi janin yang dikandung. Nah bukan sekedar mitos, namun dampak buruk merokok saat hamil memang nyata, sebab banyaknya kandungan kimia beracun pada rokok akan menimbulkan resiko komplikasi pada ibu dan bayi, diantaranya:

1. Mengalami Keguguran

   Risiko paling sering terjadi pada ibu hamil akibat merokok yaitu kehamilan mengalami keguguran. Hal ini rentan, khususnya pada kondisi kehamilan awal. Bukan tanpa alasan, karena kandungan racun atau bahan kimia yang dikonsumsi itulah yang membuat hal ini terjadi. Jadi, dalam hal ini ketika racun rokok masuk ke dalam plasenta janin, maka racun tersebut akan membuat suplai oksigen dan nutrisi pada janin terhambat.

2. Bayi Mengalami Kelainan Bawaan

   Bahaya merokok bagi ibu hamil yang paling parah yaitu bayi mengalami kelainan bawaan. Tidak tanggung, kelainan ini dapat terjadi pada organ-organ bayi seperti paru-paru atau jantung. Berikut penjelasan megapa kelainan tersebut terjadi:

Kelainan Jantung Bawaan

   Racun pada rokok, merupakan penyebab utama mengapa kelainan bawaan pada jatung ini bisa terjadi pada bayi. Dalam kehamilan, racun akan membuat jantung bayi berdetak lebih cepat, sehingga mengakibatkan resiko terjadinya serangan jantung bahkan kematian pada bayi meningkat.

Kelainan Bawaan pada Paru

   Kelainan bawaan yang juga bisa terjadi akibat rokok yaitu kelahinan paru-paru. Kelainan ini terjadi disebabkan karena saluran udara pada bayi terblokir lendir atau sleep apnea.

3. Bayi Mengalami Kerusakan Otak

   Kerusakan otak pada bayi juga merupakan dampak buruk yang timbul akibat ibu hamil merokok. Bahkan pada beberapa studi dikatakan, jika IQ yang dimiliki bayi yang lahir dari ibu perokok jauh lebih rendah dibandingkan dengan bayi dari ibu tidak perokok.
   Dalam hal ini, sebenarnya kondisi tersebut terjadi karena ketika ibu hamil merokok, racun akan membuat syaraf bayi mengalami kerusakan. Yaitu dengan cara menghambat suplai oksigen yang masuk pada otak janin saat dalam proses berkembang.

   Itulah 3 bahaya merokok bagi ibu hamil yang perlu Anda perhatikan. Sebab bukan hanya menyangkut diri sendiri, jika dilakukan aktivitas merokok tersebut juga akan memberikan efek buruk pada janin Anda nanti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil yang Wajib Diketahui"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel