4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi dengan Ampuh dan Mudah

4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi dengan Ampuh dan Mudah

   Bagi bayi, masalah bibir kering memang merupakan hal yang biasa terjadi. Baik untuk bayi yang baru lahir atau saat bayi menginjak usia 3 sampai 6 bulan. Meskipun bukan kondisi yang serius, masalah tersebut tentu akan membuat bayi tidak nyaman. Terlebih jika bibir kering telah menimbulkan rasa perih, sehingga membuat anak menjadi malas makan. Untuk itulah, agar tidak bertambah parah, ketahui 4 cara mengatasi bibir kering pada bayi berikut:

1. Memberikan ASI yang Cukup pada Bayi

   Selain penting diberikan untuk mencukupi asupan makanan dan minuman bayi, ASI ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi masalah bibir kering. Seperti yang diketahui, selain disebabkan karena kondisi cuaca dan kulit bayi yang sensitif, masalah bibir kering juga bisa terjadi karena bayi mengalami dehidrasi.
   Dehidrasi sendiri merupakan kondisi dimana bayi mengalami kekurangan cairan. Dalam hal ini, ASI yang merupakan makanan sekaligus minuman pokok bayi bisa diberikan secara cukup. Nah ketika bayi mendapatkan cairan yang cukup, maka secara otomatis masalah bibir kering akan teratasi.

2. Olesi Bibir Bayi dengan ASI

   Selain dengan madu, untuk mencegah timbulnya bibir bayi putih dan pecah-pecah Anda bisa mengoleskan ASI pada bibir bayi. Seperti halnya madu, ASI juga akan membantu melembabkan bibir bayi serta mencegah timbulnya infeksi ketika bibir bayi mengalami pecah-pecah.
   Adapun untuk mencobanya, Anda hanya tinggal mengoleskan ASI pada bibir bayi dengan menggunakan jari tangan secara merata.

3. Menggunakan Humidifier

   Cara mengatasi bibir kering pada bayi selanjutnya yaitu menggunakan humidifier. Humidifier merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menjaga udara pada ruangan sekitar bayi agar tetap lembab. Bagi Anda yang tinggal dilingkungan dengan cuaca panas, penggunaan humidifier memang sangat disarankan. Selain mudah, alat ini juga penting untuk membantu anak menghadapi cuaca yang dapat membuat tubuhnya menjadi dehidrasi.

4. Olesi Bibir bayi dengan Minyak Kelapa

   Tidak hanya ampuh untuk menjaga kecantikan rambut, minyak kelapa juga bisa dijadikan minyak pelembab untuk bibir bayi. Tentu bukan hanya mitos, sebab kandungan asam laurat pada minyak kelapa memang sangat ampuh membuat bibir bayi menjadi lembab.
   Adapun untuk pengaplikasian, Anda hanya tinggal mengoleskan sedikit minyak kelapa pada bibir bayi secara merata.

   Itulah 4 cara ampuh mengatasi bibir kering pada bayi dengan mudah. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

0 Response to "4 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi dengan Ampuh dan Mudah"