4 Tips Mengatasi Bayi Cegukan Saat Baru Lahir

4 Tips Mengatasi Bayi Cegukan Saat Baru Lahir

   Cegukan seringkali dialami oleh bayi di bawah usia 1 tahun, bahkan ketika ia baru lahir dari rahim sang ibu. Sebenarnya ini adalah reaksi yang normal pada manusia, namun tentu cukup membuat khawatir jika dialami oleh bayi yang baru lahir. Kali ini kita akan bahas tips mengatasi bayi cegukan, supaya Anda tidak khawatir lagi.
   Sebenarnya, tidak ada bahaya bayi cegukan. Kendati demikian, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan ketika si kecil mengalami cegukan. Berikut ini cara meredakan bayi baru lahir yang cegukan.

Meredakan Cegukan pada Bayi Baru Lahir 

1. Mengubah posisi menyusui

   Kemungkinan pertama mengapa bayi bisa cegukan adalah karena adanya udara yang masuk lewat mulut bayi saat ia menyusu. Untuk mengatasinya secara cepat, Anda bisa mengubah posisi menyusui. Apabila masih belum berhenti juga, hentikan sejenak menyusuinya karena jika diteruskan bisa membuatnya tersedak.

2. Peluk bayi

   Ini adalah cara paling sederhana yang bisa diterapkan langsung oleh ibu ketika si kecil cegukan. Peluk bayi agar dia merasa hangat dan lebih tenang. Dalam waktu singkat, cegukannya akan berangsur menghilang dan segera kembali normal lagi.

3. Tepuk punggung bayi

   Menepuk punggung bayi juga bisa menjadi solusi menghentikan cegukan. Tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak memberi tepukan yang terlalu keras. Caranya dengan menggendong bayi dalam posisi tegak, kemudian tepuk-tepuk punggungnya secara perlahan sampai ia bersendawa.

4. Biarkan dia mengisap dot

   Penjelasannya sederhana, ketika bayi mengisap dot atau empeng, gerakan mulutnya akan membuat diafragma lebih rileks. Hal itu disebut dapat merangsang sendawa sehingga cegukan akan segera berhenti. Jika tidak ada dot atau empeng, juga bisa menggunakan puting ibu sambil menyusui.

Mencegah Cegukan pada Bayi


  • Kebanyakan orang tua biasanya akan langsung memberi ASI ketika bayinya menangis. Tetapi, kondisi tersebut justru berpotensi mengakibatkan cegukan pada bayi. 
  • Disarankan supaya Anda memberikan ASI ketika dia tenang. Pasalnya, jika anak menyusu sambil menangis, akan ada udara yang ikut masuk lewat mulutnya.
  • Selain itu Anda juga tidak disarankan menggendong bayi sambil melakukan gerakan ke atas dan ke bawah setelah dia selesai menyusu.


   Itulah beberapa tips mengatasi bayi cegukan yang bisa langsung Anda praktikkan di rumah. Apabila gejalanya terjadi terus menerus, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tips Mengatasi Bayi Cegukan Saat Baru Lahir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel