Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Penyakit Varises

Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Penyakit Varises

   Penderita penyakit varises akan mengalami pembengkakan atau pelebaran di bagian pembuluh darah vena. Hal tersebut terjadi akibat penumpukan darah yang kemudian membuat pembuluh darah menjadi melebar. Risiko komplikasi dan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan membuat banyak orang harus waspada terhadap gejala penyakit varises yang akan dijelaskan di bawah ini.

Gejala Pada Penyakit Varises

   Meski dinyatakan tidak berbahaya, namun varises juga tetap membutuhkan penanganan dari dokter. Pasalnya penyakit yang satu ini memiliki risiko menyebabkan komplikasi tak hanya itu rasa tidak nyaman yang timbul juga cukup mengganggu.
   Untuk mencegah varises bertambah parah, ada beberapa gejala yang harus dikenali supaya nantinya dapat segera diberikan penanganan oleh dokter. Inilah beberapa di antaranya.
   Nyeri pada bagian yang terkena varises (biasanya kaki) hal ini utamanya berlaku ketika penderita duduk atau bahkan berdiri untuk waktu yang lama.
   Pada bagian yang terkena varises biasanya terasa bengkak serta berdenyut. Bahkan dalam banyak kasus seperti kram.
   Salah satu ciri khas penyakit ini adalah pembuluh darah vena yang mulai tampil ke permukaan kulit. Ini membuat tumbuhnya serabut halus biru keunguan.

Cara Pengobatan Penyakit Varises

   Ada beberapa penanganan medis yang biasa disarankan untuk pasien penderita varises. Penanganan-penanganannya antara lain sebagai berikut.

1. Terapi Obat

   Metode paling sering digunakan untuk mengatasi penyakit ini adalah terapi obat. Kehadiran obat-obatan ini akan membantu proses penyembuhan varises di samping berbagai terapi lain yang juga harus dijalankan penderitanya.

2. Pengobatan Menggunakan Laser

   Untuk membantu mengobati varises juga dapat dilakukan dengan pengobatan laser. Nantinya sinar laser akan ditujukkan pada bagian vena yang mengalami pembengkakan. Ini dapat membantu mengecilkan vena tanpa membuat kulit menjadi rusak.
   Biasanya setelah melakukan terapi ini penderita akan diminta menggunakan stoking kompresi. Selain itu juga diminta menghindarkan area yang telah di laser dari sinar matahari, hingga kurang lebih 3 atau 4 minggu.

3. Stoking Kompresi

   Metode stoking kompresi yang paling banyak digunakan untuk mengatasi varises. Kehadiran stoking ini nantinya akan membantu penderita untuk memperoleh tekanan yang lebih stabil. Nantinya tekanan tersebut lah yang akan membuat darah dapat kembali ke jantung dan mengurangi pembengkakan yang terjadi.

   Penyakit varises menjadi salah satu penyakit yang berpotensi menyerang seluruh bagian tubuh. Sebaiknya cegah varises sejak dini untuk menghindari rasa tidak nyaman serta potensi penyakit komplikasi lainnya.

0 Response to "Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Penyakit Varises"