Penyebab dan Cara Mengobati Bisul dengan Tepat

Penyebab dan Cara Mengobati Bisul dengan Tepat

   Anda pernah mengalami bisulan? Bagimana rasanya, sakit dan perih, bukan? Bisul sendiri berupa benjolan berwarna kemerah-merahan dan bernanah yang muncul pada permukaan kulit. Penyebab utamanya adalah karena infeksi dari bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut. Cara mengobati bisul yang kondisinya masih berupa benjolan, bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Kenapa Anda Bisulan? Apa Saja Penyebab bisul?

   Biasanya bisul akan muncul di salah satu bagian tubuh yang sering terkena gesekan atau kulit berkeringat, antara lain leher, wajah, bokong, paha, ketiak. Penyebab bisul sendiri adalah karena infeksi Staphylococcus aureus. Infeksi tersebut diakibatkan adanya bakteri yang ditemukan pada kulit dan masuk hingga ke folikel lewat luka akibat tergores, gigitan serangga, dan lain sebaginya.
   Sehingga, bakteri tersebut mengeluarkan racunnya sendiri dan tubuh pun merespon dengan menambah sel darah putih. Sel darah putih pada kulit yang terluka, berperan sebagai penutup racun agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Alhasil, Terbentuklah dinding pelindung yang berkembang menjadi benjolan kemerah-merahan dan bernahan (bisul).

Cara Mengobati Bisul dengan Tepat

   Meskipun bisul dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi jika tidak diobati secepatnya, pasti akan lebih lama merasakan sakit dan perih. Berikut ini ada 3 cara untuk mengobati bisul, diantaranya:

1. Kompres

   Kurang lebih 1-2 minggu, bisul bernanah baru bisa pecah dengan sendirinya. Untuk mempercepat pematangan bisul, Anda bisa mengompresnya dengan air hangat di sekitar benjolan.
   Caranya mudah saja, siapkan air hangat dan handuk kecil. Kompres bisul selama kurang lebih 10 menit dan lakukan secara rutin setiap harinya sampai bisul pecah.
Cara ini dilakukan, yaitu bertujuan untuk memancing nanah agar lebih cepat naik ke puncak benjolan.

2. Gunakan Obat Bisul Resep Dokter

   Seperti Benzoine, Mupirocin, dan Gentamicin. Obat-obatan ini dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menghentikan pertumbuhan kateri penyebab bisul.

3. Operasi Kecil

   Jika kondisi bisul sudah parah dan menjadi abses, maka tindakan pengobatan yang harus dilakukan yaitu dengan operasi kecil. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan nanah dan racun yang ada di dalam benjolan tersebut.

   Itulah, penyebab dan cara mengobati bisul dengan tepat. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh, ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Bisul dengan Tepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel