Terkena Cacar Monyet? Begini Gejala Dan Cara Mengobatinya

Terkena Cacar Monyet Begini Gejala Dan Cara Mengobatinya

   Cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus orthopoxvirus. Menurut medis, gangguan cacar ini disebut Human Monkeypox yang harus dihilangkan dengan cara mengobati cacar monyet.
   Penyakit ini, pertama kali ditemukan menyerang warga benua “hitam” Afrika pada tahun 1958. Menurut medis di kala itu, penyebab penyakit adalah ditularkan dari binatang spesies primata.

Gejala Cacar Monyet

   Pasca terserang virus, gejala tidak langsung muncul. Tetapi harus menunggu satu minggu hingga satu bulan kemudian.
  • Fase pertama cacar monyet disebut fase invasi. Kondisi ini terjadi setelah satu minggu serangan. Gejala yang muncul adalah nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening serta radang di area rahang. 
  • Fase selanjutnya disebut tahap erupsi kulit. Gejala yang sering muncul ialah demam yang diiringi oleh ruam kulit berwarna merah di sekitar wajah hingga sekujur tubuh. Jika tidak segera diobati, ruam akan berganti bintik kecil berisi nanah. 

Cara Mengobati Cacar Monyet

   Penyakit cacar monyet tidak perlu dikhawatirkan. Selain kasusnya sangat jarang di Indonesia, gangguan ini juga bisa diobati secara khusus. Beginilah cara mengobati cacar monyet, yaitu:

1. Terapi Simptomatik

   Sejatinya, hingga saat ini, belum ada ilmuwan yang berhasil membuat penangkal virus Monkeypox. Namun, Teknik pengobatan medis simptomatik serta terapi suportif bisa dijadikan solusi untuk mengurangi gejala.

2. Vaksinasi

   Ketika penyakit ini marak terjadi di tahun 50 an, ternyata para ilmuwan berhasil menemukan vaksin khusus untuk menyembuhkannya. Diantaranya adalah vaksin cidofovir dan VIG. Namun saat ini, vaksin tersebut sudah hilang. Mungkin akibat serangan penyakit yang juga jarang.

3. Pergi Ke Dokter

   Pada umumnya, penyakit karena infeksi virus akan sembuh pasca satu bulan serangan sekalipun tidak diobati secara eksklusif. Walaupun begitu, menyepelekan juga bukan cara yang tepat. Karena gejala penyakit sangat mengganggu.
Maka dari itu, jika kebetulan Anda di Afrika dan bersentuhan dengan hewan maupun orang yang mengalami gejala, lebih baik segera datangi dokter. Supaya penyakit bisa disembuhkan lebih cepat.

4. Konsumsi Obat Anti Virus

   Cara mengobati cacar monyet yang terakhir adalah mengkonsumsi obat anti virus. Ini merupakan tips yang tepat terutama ketika gejala masih ringan. Mengobati cacar monyet dengan obat antivirus sudah terbukti manjur. Bahkan, pada tahun 2003 ketika penyakit ini mewabah di Amerika, obat antivirus yang menjadi penangkalnya.

   Mencegah lebih baik dari mengobati. Kalimat ini harus Anda pegang sekalipun hanya untuk menghindari penyakit dengan cara mengobati cacar monyet.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Terkena Cacar Monyet? Begini Gejala Dan Cara Mengobatinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel