Tips dan Cara Menyembuhkan Penyakit Ataksia

Tips dan Cara Menyembuhkan Penyakit Ataksia

   Ataksia adalah gangguan gerakan tubuh yang disebabkan terjadinya abnormalitas kinerja otak. Jika seorang anak mengalami gangguan ini, tubuhnya sulit digerakkan. Bahkan terkadang bergerak sendiri tanpa stimulus apapun. Maka dari itu, hilangkan gejala dengan cara menyembuhkan penyakit ataksia.
   Menurut medis, peristiwa ini disebabkan oleh neuron pengatur gerak otot tidak bekerja maksimal. Penyebab tidak lepas dari masalah pola hidup seperti merokok dan kecanduan alkohol. Sebagian kecil juga disebabkan faktor genetik.

Gejala Penyakit Ataksia

   Gejala ataksia muncul secara bertahap. Namun, pada kasus lain, tanda-tanda penyakit juga terjadi secara spontan. Berikut ini beberapa gejala ataksia, yaitu:

  • Koordinasi gerak yang buruk
  • Langkah kaki tidak stabil
  • Kesulitan mengendalikan motorik halus
  • Perubahan cara bicara
  • Sulit menelan
  • Pergerakan bola mata spontan
  • Gangguan berpikir dan emosi

Cara Menyembuhkan Ataksia

   Tata laksana medis untuk ataksia cukup banyak. Biasanya pengobatan yang dilakukan disesuaikan dengan penyebab penyakit ataksia. Yang teringan adalah cara menyembuhkan ataksia akibat devisiensi nutrisi, yaitu dengan diberikan suplemen vitamin yang memadai.
   Untuk ataksia episodik, cara menyembuhkannya adalah diberikan obat acetazolamide yang berfungsi untuk meringankan gejala. Sedangkan kasus ataksia karena infeksi bisa diatasi dengan menyuntikkan antibiotik tertentu.  Berikut ini, beberapa list cara menyembuhkan penyakit ataksia yang lebih detail, yaitu:

1. Obat-obatan 

   Obat-obatan yang dimaksud adalah pil atau kapsul kimia pro osteo seperti baclofen dan tizanidine yang dikenal bisa mengatasi kram otot. Jika pasien juga mengalami stres, obat anti depresi juga bisa diberikan.

2. Alat Bantu Gerak

   Alat bantu gerak diberikan jika ataksia disebabkan cerebral palsy yang kronis. Pasalnya, penyakit multiple ini amat jarang untuk bisa disembuhkan. Alat bantu ini fungsinya adalah mempermudah pasien ketika bergerak. Sehingga kecenderungan untuk bertumpu pada orang lain, bisa diminimalkan.

3. Dilakukan Terapi Tertentu

   Cara menyembuhkan ataksia selanjutnya adalah diberikan terapi tertentu. Hal ini, biasanya diprogramkan secara khusus dan sistematis di Sekolah Luar Biasa (SLB) maupun di Sekolah Layanan Khusus (SLK).

4. Konsultasi Psikologi

   Cara menyembuhkan ataksia yang tak kalah penting adalah berkonsultasi dengan psikolog atau konselor. Karena biasanya, penderita ataksia mengalami penurunan motivasi dan semangat hidup.

   Demikian beberapa cara menyembuhkan penyakit ataksia. Apapun tekniknya, Anda jangan sampai lupa berkonsultasi rutin kepada dokter. Karena dengan tindakan ini, penanganan lebih aman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips dan Cara Menyembuhkan Penyakit Ataksia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel