7 Bahaya Susah BAB yang Mengerikan Jika Tidak Segera Diatasi

Bahaya Susah BAB yang Mengerikan Jika Tidak Segera Diatasi
   7 Bahaya Susah BAB yang Mengerikan Jika Tidak Segera Diatasi. Ciri-ciri tubuh sehat yaitu makan dan minum berselera serta buang air besar dan buang air kecil lancar. Namun jika salah satu di antaranya tidak baik maka itu menandakan tubuh sedang tidak sehat.
   Misalnya dalam beberapa hari atau minggu Anda susah buang air besar. Itu sebagai indikasi bahwa tubuh perlu didetoks karena ada penyumbatan di usus. Jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut karena banyak bahaya susah BAB jika tidak segera ditangani serius. Berikut ini adalah 7 bahaya bila susah buang air besar tidak segera diobati :

1. Perut kembung 

   Susah buang air besar bisa menimbulkan perut kembung karena kotoran di dalam usus menumpuk. Selain itu, perut terasa keras dan tidak nyaman. Hal ini juga membuat perut tampak kembung dan lama kelaman akan membuncit akibat banyaknya BAB yang tidak keluar. Perut pun akan terasa berat dan kencang.

2. Ambeien atau wasir 

   Ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena sekitar anus mengalami peradangan atau bengkak. Ambeien bisa muncul di dalam rectum (saluran penghubung antara usus besar dan anus)  atau di sekitar anus (dubur). Hal ini terjadi karena Anda sering mengejan saat BAB. Seandainya, BAB berdarah maka segera periksa ke dokter.

3. Hernia 

   Hernia atau turun berok bisa terjadi karena susah BAB. Sisa-sisa makanan tersebut membebani organ-organ tubuh lainnya. Seandainya perut terasa mengeras dan membesar segera periksa ke dokter.

4. Rahim bermasalah 

   Bahaya susah BAB ternyata bisa membuat rahim bermasalah. Hal ini terjadi karena kotoran yang menumpuk menekan posisi rahim dan terlalu keras mengejan.

5. Gagal ginja

   Jika Anda susah buang air besar dalam jangka lama maka akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Penderita susah BAB kronis beresiko menderita penyakit ginjal atau gagal ginjal. Pada umumnya susah BAB ini terjadi karena pola makan dan minum yang tidak sehat. Dengan begitu, seharusnya kotoran keluar malah menjadi racun dalam tubuh.

6. Radang usus 

   Lama kelamaan susah buang air besar ini akan berdampak juga pada kesehatan usus. Kotoran yang lama tidak keluar tersebut akan mengendap di usus dan menjadi penyebab pembengkakkan usus, radang usus, tumor usus, dan kanker usus.

7. Gangguan jantung 

   Bahaya selanjutnya dari susah buang air besar adalah gangguan jantung bagi penderita penyakit tersebut. Hal itu terjadi karena sering mengejan saat buang air besar. Bagi orang yang mengalami riwayat penyakit jantung maka akan memicu penyakit jantungnya.

   Seandainya Anda mengalami tanta-tanda susah buang air besar selama beberapa hari atau beberapa minggu maka segera lakukan tindakan yang tepat. Hal ini agar susah buang air besar tidak berlarut dan tidak menimbulkan penyakit lainnya. Segera lakukan detoks usus dengan mengonsumsi buah-buahan karena akan membersihkan usus. Konsumsilah buah-buahan tersebut tiga kali sehari.
   Berikut ini cara mendetoks usus saat susah BAB melanda. Minumlah air satu jam sebelum makan buah-buahan. Satu jam berikutnya makanlah buah-buahan secukupnya. Setelah itu, jangan langsung makan selama satu jam. Biarkan buah buahan tersebut membersihkan usus terlebih dahulu. Setelah itu barulah makan dengan sayur berkuah agar usus mudah mencernanya.
   Setelah selesai makan jangan dulu minum, tetapi tunggu dulu sampai satu jam agar usus tidak tergangu dalam mencernanya. Lakukan pola makan dan minum di atas pada waktu makan pagi siang dan sore. Untuk pembagian waktunya bisa Anda perkirakan sendiri.
Semoga tips ini bisa mengobati bahaya susah BAB secara alami.

0 Response to "7 Bahaya Susah BAB yang Mengerikan Jika Tidak Segera Diatasi "

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2