Gerhana Matahari cincin 26 Desember 2019, Apa Bahaya Untuk Ibu Hamil ?

Gerhana Matahari cincin  26 Desember 2019, Apa Bahaya Untuk Ibu Hamil ?
   Kita pasti sering mendengar berita tentang gerhana matahari, entah itu di televisi atau media sosial. Sebenarnya kenapa bisa terjadi gerhana matahari ? Gerhana matahari adalah peristiwa ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari atau lebih tepatnya di tengah-tengah matahari dan bulan sehingga cahaya matahari yang biasanya menyinari bumi akan terhalang oleh bulan. Oleh karena itu ketika momentum tersebut terjadi maka dinamakan dengan gerhana matahari.
   Berdasarkan cara pergerakan bulan menutupi cahaya matahari, maka terjadilah empat jenis gerhana matahari yaitu gerhana matahari totoal, gerhana matahari cincin, gerhana matahari campuran dan gerhana matahari sebagian. Berikut ini akan saya uraikan keempat jenis gerhana matahari tersebut secara singkat agar ada gambaran bahwa setiap jenis gerhana matahari memiliki perbedaan.

1. Gerhana matahari total

   Gerhana matahari total terjadi ketika keadaan bulan menutupi sepenuhnya matahari sehingga korona terlihat. Di saat terjadi gerhana matahari keadaan bumi akan terlihat gelap meskipun pada siang hari.

2. Gerhana matahari cincin

   Gerhana matahari cincin terjadi pada saat posisi bulan berada tepat di tengah-tengah diantara bumi dan matahari, seperti yang kita tahu bahwa ukuran matahari berkali-kali lipat dari bulan sehingga pada saat bulan berada di tengah-tengah diantara matahari dan bumi maka ada bagian luar matahari yang tidak tertutup oleh bulan dan itu akan membentuk sebuah cincin. Maka dari itu dinamakan dengan gerhana matahari cincin.

3. Gerhana matahari sebagian

   Gerhana matahari sebagian terjadi ketika posisi bulan menutupi sebagian matahari, dan ketika proses ini berlangsung biasanya sinar cahaya matahari yang menerangi bumi tidak terlalu berpengaruh tidak seperti pada saat gerhana matahari total.

4. Gerhana matahari campuran

   Gerhana matahari campuran ini biasanya cukup langka terjadi karena gerhana matahari campuran terbentuk antara gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin.

   Itulah proses terjadinya dari keempat jenis gerhana matahari yang telah saya rangkum dari berbagai sumber. Lalu apakah gerhana matahari punya efek bahaya? saya katakan tentu punya efek bahaya apalagi ketika terjadi gerhana matahari cincin maka efeknya bisa sangat bahaya contohnya adalah dapat menyebabkan kebutaan dan keruskaan permanen pada retina.
   Banyak mitos yang beredar bahwa gerhana matahari juga berbahaya untuk ibu hamil, benarkah ibu hamil dilarang melihat gerhana matahari karena efek bahaya tersebut? Sebenarnya mitos itu tidak sepenuhnya benar, tetapi karena sering dilakukan akhirnya bisa menjadi sebuah kepercayaan. Contohnya seperti yang terjadi di daerah asal saya ketika terjadi gerhana matahari ibu-ibu yang sedang hamil harus bersembunyi di kolong tempat tidur, katanya supaya janin yang ada di dalam kandungan aman dan tidak di gigit oleh gerhana matahari.
bahaya gerhana matari untuk ibu hamil
   Contoh lainnya adalah bagi ibu hamil dilarang menggunakan benda-benda tajam seperti gunting, pisau dan yang lainnya. Menurut informasi dari mereka yang mempercayai hal tersebut jika pada saat gerhana matahari berlangsung ibu hamil yang sedang menggunakan benda tajam dapat berpengaruh pada bayi setelah melahrikan.
   Sedangkan menurut pendapat medis justru berbanding terbalik, pendapat medis menjelaskan bahwa tidak ditemukan bukti ilmiah yang menunjukan bahwa ibu hamil yang pada saat terjadi gerhana matahari berada di luar rumah atau tidak mengikuti hal-hal yang sudah saya jelaskan diatas dapat berakibat bayi terlahir dalam keadaan tidak normal. Padahal bayi terlahir tidak normal bisa saja karena faktor lain seperti lingkungan, makanan dan obat-obatan.
   Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai bahaya gerhana matahari untuk ibu hamil, untuk yang masih percaya dengan mitos tersebut iya tidak mengapa karena itu tidak berpengaruh kepada ibu hamil. Yang terpenting adalah jangan sampai membahayakan kandungan ketika melakukan hal-hal tersebut.
   Menurut informasi yang beredar gerhana matahari cincin akan muncul pada tanggal 26 Desember 2019 meskipun tidak mengesankan seperti gerhana matahari total pada tahun 2017, fenomena ini layak kita tunggu dan saksikan karena gerhana matahari cincin terjadi berapa tahun sekali. Di Indonesia gerhana matahari akan berlangsung pada pukul 10:00 WIB dan puncaknya pada pukul 12:00 WIB

0 Response to "Gerhana Matahari cincin 26 Desember 2019, Apa Bahaya Untuk Ibu Hamil ?"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2