Udara Tercemar? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Udara Tercemar? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
   Kita pasti sering sekali mendengar mengenai apa itu polusi udara? , apalagi yang masih duduk di bangku sekolah pasti pernah ada materi tentang polusi udara di mata pelajaran IPA. Polusi udara adalah kemunculan beberapa atau lebih substansi fisik, kimia atau biologi di atmosfer yang dapat mengancam kesehatan mahluk hidup di bumi seperti manusia, hewan dan tumbuhan.
   Polusi udara ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena dapat mendatangkan sebuah penyakit, dan kita juga tahu bahwa polusi udara tidak bisa di hilangkan begitu saja. Namun jangan kawatir meskipun polusi udara atau pencemaran udara tidak bisa di hilangkan, kita bisa mengurangi polusi udara supaya bermanfaat bagi kesehatan. Sebelum itu kita perlu mengetahui penyebab-penyebab polusi udara terlebih dahulu dan berikut ini penyebab polusi udara.

1. Asap rokok

   Salah satu penyumbang polusi udara terbanyak yaitu asap rokok, padahal sudah ada himbauan dan larangan bahwa merokok dapat menyebabkan banyak penyakit tetapi tetap saja namanya sudah kecanduan mau gimana lagi. Asap rokok ini cukup berbahaya apabila terhirup, karena apabila sudah terhirup akan menyebabkan beberapa gejala seperti tersedak,sesak nafas dan lebih parahnya mendatangkan sebuah penyakit apabila keseringan menghirup asap rokok.

2. Asap knalpot kendaraan

   Dari tahun ke tahun jumlah kendaraan di jalan raya semakin banyak. Dan ini pun berimbas pada polusi udara yang semakin banyak karena asap kendaraan. Perlu di ketahui bahwa asap kendaraan ini berdampak buruk bagi kesehatan karena asap kendaraan ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti asma, pneumonia dan paru-paru

3. Kegiatan Industri

   Selain memberikan manfaat yang di hasilkan, kegiatan Industri juga memiliki dampak negatif dari hasil kegiatan industri tersebut. Salah satunya polusi udara dari proses kegiatan industri.

   Nah, itulah beberapa penyebab polusi udara, lalu bagaimana sih cara mengatasi pencemaran udara ? simak penjelasan berikut ini.

1. Tanam tanaman penangkal polusi

   Mungkin kita pernah mendengar berita tentang sebuah tanaman yang dapat menangkal polusi udara. Nah...memang benar adanya bahwa tanaman ini bisa berfungsi untuk menghilangkan karbon monoksida di udara, jadi kita bisa memanfaatkan tanaman tersebut untuk mengurangi pencemaran udara. Inilah beberapa tanaman penangkal polusi udara :

  • Lidah buaya
  • Pakis
  • Sri rejeki
  • Bambu
  • Dracena


2. Berhenti merokok

   Diatas sudah saya jelaskan salah satu penyebab polusi udara adalah asap rokok, jadi untuk mengatasi polusi udara salah satunya adalah berhenti merokok.

3. Kurangi kebiasaan membakar sampah

   Salah satu kebiasaan buruk masyarakat sekarang adalah sering membakar sampah, padahal aktivitas pembakaran sampah akan menyebabkan pencemaran udara disekitar lingkungan. Daripada kita membakarnya lebih baik di daur ulang barang-barang yang masih layak dipakai seperti kaleng susu bekas di jadikan pot bunga, plastik bekas di jadikan bahan kerajinan seperti tas jinjing dan lain-lainnya.

   Itulah penyebab dan cara mengatasi polusi udara, semoga kita sadar akan bahaya polusi udara ini dan mulai merubah hidup kita menjadi lebih sehat.

0 Response to "Udara Tercemar? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2