Aktris Ria Irawan Meninggal Terkena Kanker? Ternyata ini Penyebab dan Gejalanya

Aktris Ria Irawan Meninggal Terkena Kanker? Ternyata ini Penyebab dan Gejalanya
(source : matamata.com)
   Kabar duka datang dari artis terkenal Indonesia yaitu Ria Irawan. Aktris Ria Irawan meninggal dunia pada hari senin tanggal 6 Januari 2020, Beliau sudah bertahun-tahun berjuang melawan kanker getah bening yang di derita.
   Menurut keterangan dari sang suami Mycky Wongkar, beliau meninggal tadi pas adzan subuh di rumah sakit RSCM. Beliau memang dalam keadaan  masa kritis saat menjalani perawatan di RSCM hingga menghembuskan nafas terakhirnya.
Sebetulnya jenis kanker apa yang di derita oleh Ria Irawan? menurut informasi yang di lansir oleh https://www.liputan6.com Ria Irawan pertama kali divonis menderita kanker endometrium pada tahun 2014, setelah menjalani berbagai pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi beliau di nyatakan sembuh.
   Namun entah apa penyebabnya, kanker tersebut kembali aktif setelah tiga tahun berselang sehingga pada bulan september 2019 beliau di larikan kembali ke rumah sakit RSCM akibat munculnya kanker di tubuhnya kembali.
   Kita sebagai orang awam pasti ada rasa penasaran apa itu kanker  endometrium. Singkatnya kanker endometrium adalah selaput lender atau jaringan yang tumbuh di luar rahim, padahal seharunya jaringan endometrium tersebut melapisi dinding rahim.
   Penyebab jaringan endometrium tumbuh di luar rahim kemungkinan disebabkan oleh darah menstruasi yang masuk kembali ke tuba fallopi, kemudian dari lapisan dinding rahim darah menstruasi membawa keluar  jaringan tersebut sehingga menetap dan tumbuh diluar rahim. Ada kemungkinan lain juga penyebab kanker endometrium yaitu jaringan endometrium terbawa keluar rahim melalui kelenjar getah bening atau pembuluh darah.
Aktris Ria Irawan Meninggal Terkena Kanker? Ternyata ini Penyebab dan Gejalanya
(source: kankere.com)
   Saya sendiri yang notabennya bukan seorang ahli kanker pasti merasa kaget ada jenis kanker seperti itu, namun karena saya merasa penasaran dengan apa itu kanker endometrium jadi saya mencari tahu di berbagai sumber dan akhirnya saya sedikit lebih mengerti. Kita yang masih dalam konsisi sehat perlu mengetahui gejala kanker endometrium dan faktor risiko timbulnya kanker endometrium supaya jika ada gejala yang mengarah ke hal tersebut bisa segera di atasi secara dini dengan pemeriksaan dini. Berikut ini adalah gejala kanker endometrium :

  • Pada saat menstruasi rasa sakit berlebih
  • Diare atau sulit buang air besar
  • Pada rahim erjadi pendarahan abnormal
  • Keputihan yang bercampur darah serta nanah
  • Diluar masa menstruasi muncul bercak darah
  • Terjadi pendarahan sebelum atau sesudah berhubungan seksual
  • Selama menstruasi darah keluar lebih banyak dan masa lebih panjang dari menstruasi normal


   Nah, itualah beberapa gejala kanker endometrium, setelah mengetahui gejala kanker endometrium rasanya kurang afdol jika kita tidak mengetahui apa penyebabnya. Sebenarnya penyebab kanker endometrium kurang pasti, namun ada salah satu dugaan yang menyebabkan kanker endometrium yaitu hormon progesteron dan estrogen  dalam tubuh wanita tidak seimbang. Selain itu ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker endometrium dan berikut ini faktornya :

  • Telat memasuki masa menopause
  • Belum pernah hamil
  • usia yang terlalu dini memasuki masa menstruasi
  • Obesitas
  • Menjalani terapi tamoxifen, tamoxifen adalah salah satu terapi yang digunakan untuk menangani kanker payudara

Itulah sedikit penjelasan mengenai gejala dan penyebab kanker endometrium, dan mungkin saja almarhum Ria Irawan pernah merasakan hal-hal tersebut semasa hidupnya karena beliau sendiri mengidap penyakit endometrium semasa hidupnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aktris Ria Irawan Meninggal Terkena Kanker? Ternyata ini Penyebab dan Gejalanya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel