Gejala Infeksi Corona Virus dan Perbedaannya dengan Flu Biasa

Gejala Infeksi Corona Virus dan Perbedaannya dengan Flu Biasa

 Penyebaran infeksi virus Corona atau COVID-19 yang sudah sampai Indonesia tak dinyana bikin masyarakat semakin panik. Selain sudah menelan banyak korban jiwa, penyakit tersebut cukup sulit dibedakan dengan flu karena gejala-gejalanya serupa.

Membedakan flu biasa dengan infeksi virus Corona

 Walau sebagian besar gejalanya sama, ada beberapa perbedaan yang bisa kalian waspadai untuk mengenali flu biasa dan infeksi virus Corona seperti yang dijelaskan berikut ini:

1. Flu biasa

 Flu biasa disebabkan virus bernama rhinovirus yang menyerang saluran pernapasan. Hal ini pula yang membuat keluhan umumnya muncul di area hidung dan tenggorokan. Sejumlah gejala lain yang akan menyertai mencakup bersin-bersin, sakit kepala ringan, hidung tersumbat dan berair, batuk, hingga sakit tenggorokan. Kadang kalian juga akan mengalami demam meski terbilang jarang.
 Gejala-gejala flu biasa akan muncul rata-rata satu hingga tiga hari setelah kalian terpapar virus. Penyebarannya flu biasa juga terbilang cepat, terutama setelah kalian mengalami kontak dengan orang yang sedang sakit.

2. Infeksi virus Corona

 Infeksi virus Corona atau COVID-19 dan flu biasa sama-sama dipicu virus. Bedanya, COVID-19 dibawa virus corona yang menginfeksi saluran pernapasan. Lokasi yang sama membuat gejala pada penyakit ini kerap disamakan dengan flu biasa meski belakangan diketahui sistem pernapasan bawah pun dapat mengalami dampaknya.
 Meski orang dewasa dan manula lebih berisiko, infeksi virus Corona sebenarnya bisa diidap siapa saja, termasuk anak-anak. Adapun tiga gejala utama yang sebaiknya kalian waspadai, di antaranya batuk, demam tinggi, dan sesak napas. Pasien juga bisa mengalami keluhan lain seperti pilek, mual, sakit kepala, nyeri otot, hingga muntah dan diare.

Bagaimana cara menangani flu biasa dan infeksi virus Corona?

 Penanganan flu biasa dan infeksi virus Corona jelas tak bisa disamakan. Di bawah ini ada langkah-langkah yang dapat kalian ambil untuk mengatasi kedua penyakit tersebut.

1. Penanganan flu biasa

 Flu biasanya bisa sembuh sendiri dengan rentang waktu empat hingga sembilan hari. Kalian yang punya daya tahan tubuh kuat bahkan bisa pulih lebih cepat. Dokter pun umumnya menyarankan agar pasien beristirahat cukup selama sakit dan memenuhi asupan nutrisi serta cairan untuk tubuh.
 Selain itu, dokter juga akan memberikan obat untuk meringankan gejala flu bila dibutuhkan, antara lain chlorpheniramine dan pesudoephedrine, ibuprofen dan paracetamol, atau kombinasi antara obat-obat seperti paracetamol, guaifenesin, pseudoepherine, dan chlorpheniramine.

2. Penanganan infeksi virus Corona

 Hingga artikel ini dipublikasikan, belum ada obat maupun vaksin yang mampu mengatasi dan mencegah infeksi virus Corona. Namun, gejala-gejala ringan yang dirasakan pasien sebenarnya bisa diredakan dengan obat flu. Berbeda dengan kasus yang lebih berat, penanganan terhadap pasien ditujukan untuk menjaga kondisi dan mengurangi risiko komplikasi.

 Pencegahan lebih disarankan karena bakal menjauhkan kalian dari peluang terkena infeksi virus Corona. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, antara lain:

  • Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik
  • Mengenakan masker apabila kalian sedang sakit atau harus beraktivitas di tempat ramai
  • Sering minum air putih dan konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Kurangi begadang dan pastikan porso tidur selalu cukup
  • Sebisa mungkin tak menyentuh mata, hidung, maupun mulut dengan tangan kotor
  • Menghindari kontak dengan orang yang sedang demam atau batuk. Kalau kalian yang sakit, beristirahatlah di rumah untuk pemulihan maksimal.


0 Response to "Gejala Infeksi Corona Virus dan Perbedaannya dengan Flu Biasa"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2